Jumat, 18 Maret 2016

Proposal Komunitas Keperawatan

I.    PENDAHULUAN
Perguruan Tinggi sebagai lembaga penyelenggaraan pendidikan tinggi yang menghimpun Mahasiswa sebagai peserta didik di dalamnya, memiliki tanggung jawab moral dalam menciptakan suatu kodisi yang dinamis bagi berlangsungnya suasana yang kondusif di kehidupan masyarakat. Betapa tidak, perguruan tinggi diharapkan akan mampu melahirkan para pemikir, insan cita dan cipta yang kelak akan memberikan input yang positif dalam kehidupan masyarakat.
Perguruan tinggi juga memiliki tanggung jawab untuk menciptakan insan intelektual (Mahasiswa) yang berkepribadian dan berdedikasi tinggi terhadap kepentingan masyarakat, bukan sosok mahasiswa dengan pemahaman yang fragmatis dan oportunis. Artinya, perguruan tinggi sebagai tempat berlangsungnya “Learning process” berfungsi juga sebagai wahana pembentukan pribadi mahasiswa sebagai “change agent” dan ”agent of social control” dalam kehidupan masyarakat.
Hal-hal di atas menjadi alasan perguruan tinggi seharusnya tidak hanya menyelenggarakan kegiatan akademis di ruang perkuliahan semata, tetapi juga diharapkan mampu melahirkan insan-insan intelektual yang selain berwawasan luas dan visioner, juga memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial masyarakat (Civil of Responsibility).
Hal ini disadari karena suatu komunitas masyarakat terbentuk dari pribadi-pribadi manusia dengan lingkungan serta nilai-nilai yang berlaku di sana. Untuk membentuk suatu komunitas yang kokoh dan dinamis, dibutuhkan unsur pembentuk yang baik dan jalinan antara unsur yang tersusun rapi.
Mahasiswa sebagai salah satu komponen pembentuk masyarakat harus senantiasa meningkatkan kapabilitasnya agar dapat memberikan kontribusi positif dalam masyarakat. Mahasiswa harus mampu mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat demi perubahan komunitas masyarakat yang lebih baik. Predikat “ change agent” yang disandangnya, mengharuskan harus menjadi sosok individu yang dinamis, konsisten terhadap perubahan dan memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat (Civil of Responsibility) serta senantiasa merespon setiap dinamika yang terjadi secara arif serta mengarahkan pada perkembangan komunitas masyarakat yang lebih “Dewasa”.
Praktik keperawatan komunitas STIKes Tengku Maharatu Pekanbaru merupakan suatu wadah pengabdian bagi masyarakat, yang berperan sebagai fasilitator dalam penghimpunan dan pendistribusian Mahasiswa ke daerah-daerah yang masih terbelakang ataupun ke daerah-daerah konflik/bencana yang membutuhkan uluran bantuan kemanusiaan.
Adapun agenda disesuaikan dengan kegiatan akademis mahasiswa yakni praktik keperawatan komunitas, yang berfungsi sebagai wahana bagi mahasiswa untuk melakukan interaksi sosial tahap awal yang antinya diharapkan akan mampu mempersiapkan diri mahasiswa dalam mengaktualisasikan bidang ilmu yang dimilikinya, sekaligus mengasah kepekaan terhadap kondisi sosial kemasyarakatan.
Kami selaku mahasiswa-mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Tengku Maharatu Pekanbaru berusaha untuk dapat berperan aktif kegiatan yang kami tuangkan dalam kerangka kegiatan praktik keperawatan komunitas di provinsi Riau. Untuk itu, bersama ini kami mengajak instansi pemerintah dan swasta yang ada di provinsi Riau untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut. Dengan partisipasi instansi pemerintah/swasta yang bapak/ibu pimpin, berarti kita semua dapat berperan aktif untuk meningkatkan sumber daya manusia dan derajat kesehatan masyarakat di bangsa ini, terkhususnya masyarakat di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya.
Melalui sponsorship yang kami tawarkan ini, kami menyediakan beberapa media promosi bagi instansi yang terlibat. Dengan media promosi ini, diharapkan dapat meningkatkan citra perusahaan/instansi yang bapak/ibu pimpin sehingga dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat. Pada akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana dan tujuan yang akan dicapai akan terwujud.

II.    LANDASAN PEMIKIRAN
    Adapun pelaksanaan kegiatan ini berlandaskan:
a.    Tri Dharma Perguruan Tinggi
b.    Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
c.    Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi
d.    Undang-undang No. 2 Tahun 1989
e.    Peraturan pemerintah No. 60 Tahun 1999
f.    Pola Pengembangan Mahasiswa SK Dirjen DIKTI No. 26/dikti/KEP/1998

III.    TEMA KEGIATAN
    Adapun tema dari pelaksanaan kegiatan ini adalah”Melalui Praktik Profesi Keperawatan Komunitas Kita Bangun RW yang sehat. Siaga, dan mandiri dalam bidang kesehatan”.

IV.    TUJUAN KEGIATAN
    Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :
    Sebagai bentuk aktualisasi peran Tri Dharma Perguruan Tinggi.
    Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
    Memandirikan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan yang terjadi di wilayahnya
    Menumbuhkembangkan rasa kepekaan sosial terhadap kondisi masyarakat (Civil of Responsibility)
    Menumbuhkembangkan jiwa sosial kemasyarakatan pada diri Mahasisiwa
    Menumbuhkembangkan rasa kebersamaan pada diri mahasiswa sebagai salah satu komponen dalam kehidupan masyarakat
    Memberikan kesadaran dan pemahaman pada diri para mahasiswa akan peran dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat

V.    BENTUK KEGIATAN
    Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain:
    Acara Pembukaan
Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan sebagai langkah awal pelaksanaan praktik profesi mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan di daerah atau kecamatan binaan.
    Penyuluhan kesehatan
Kegiatan ini meliputi penyuluhan kesehatan mengenai gizi seimbang pada bayi dan balita, penyuluhan cuci tangan pada anak usia sekolah, penyuluhan tentang kesehatan reproduksi, rokok, dan  bahay narkoba, penyuluhan tentang KB,penyuluhan tentang gizi ibu hamil dan menyusui, pengolahan tentang sampah rumah tangga, penyuluhan kepada lansia dan keluarga tentang hipertensi dan rematik. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai permasalahan kesehatan yang ada di wilayahnya yang terdiriatas bayi dan balita, anak usia sekolah, remaja, pasanagn usia subur, kesehatan lingkungan dan kerja serta lansia.
    Pengaktifan kegiatan gotong royong
Kegiatan ini bertujuan untuk membenahi sarana dan prasarana umum yang ada di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya terutama perbaikan parit yang selalu bermasalah saat hujan turun, parit-parit akan tergenang karena tidak dialirkan.sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk memperlancar saluran air dan mengalirkan parit yang tergenang. Selain itu,kegiatan gotong royong juga mencakup area mesjid, mushalla yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan dan perlu perbaikan yang melibatkan berbagai pihak. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga di RW 11 kelompok komunitas.
    Penyuluhan kesehatan dan senam rematik/jantung bagi lansia
Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan derajat kesehatan lansia mengingat kondisi lansia yang mengalami penurunan status eksehatan seiring bertambahnya usia. Perlunya senam rematik ini dilakukan karena terdapat lansia dengan dengan keluhan sakit pada persendian.
    Lomba RT Bersih
Kegiatan ini bertujuan dengan berjalannya kegiatan gotong royong dan kepedulian masyarakat membersihkan lingkungan diharapkan daerah binaan menjadi daerah yang bersih, sehingga dengan adanya kegiatan lomba RT bersih diharapkan warga termotivasi membersihkan lingkungannya masing-masing, terutama area tempat tinggal (rumah). Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh warga RW 11 Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya.
    Perpisahan
Kegiatan ini berupa pertemuan antara masyarakat, perangkat desa dan kecamatan dengan mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan praktik profesi keperawatan komunitas selama lebih kurang dua bulan sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat dan tokohnya yang selalu membantu mahasiswa untuk meningkatkan kualitasnya dalam bersosialisasi.
KEGIATAN    TEMPAT
LOMBA JALAN SANTAI    RT 01, RT 02, RT 03, RT 04,  dan RT 05 di RW 11 KEL. REJOSARI
PENYULUHAN KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT, DEMAM BERDARAH, DIARE, ISPA DAN GIZI PADA BALITA    RT 01, RT 02, RT 03 di RW 11 KEL. REJOSARI
LOMBA BALITA SEHAT
    RT 01, RT 03, RT 04 di RW 11 KEL. REJOSARI
MENGAKTIFKAN KEGIATAN OLAHRAGA REMAJA (VOLLY BALL)        RT 03, RW 11
SENAM LANSIA DAN PENYULUHAN KESEHATAN    RT 01, RT 03, RT 04 di RW 11 KEL. REJOSARI
PENYULUHAN NARKOBA DAN KENAKALAN REMAJA    RT 01, RT 03, RT 04 di RW 11 KEL. REJOSARI
LOMBA RT BERSIH    RT 01, RT 02, RT 03, RT 04,  dan RT 05 di RW 11 KEL. REJOSARI

VI.    WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2015 s/d 28 Februari 2016, yang berlokasi di RT 01, RT 03, dan RT 04 RW 11 Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru.
Adapun kegiatan yang telah di rencanakan
1.    Jalan Sehat/Santai         : 07 Februari 2016 ( Belum Terlaksana)
2.    Lomba Balita Sehat        : 07 Februari 2016 ( Belum Terlaksana)
3.    Fashion Show Balita        : 07 Februari 2016 ( Belum Terlaksana)
4.    Penyuluhan Kesehatan    : Terlaksana( Terlampir)
5.     Senam Lansia            : Terlaksana ( Terlampir)
VII.    KEPANITIAAN
Kegiatan ini dilaksanakan atas koordinasi antara Mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Profesi Keperawatan Komunitas dan Keluarga dengan masyarakat Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya (Terlampir).

VIII.    PENDANAAN
    Adapun sumber dana dalam kegiatan Praktik Profesi Keperawatan Komunitas dan Keluarga antara lain sebagai berikut:
1.    Kontribusi perserta Praktik Profesi Keperawatan Komunitas dan Keluarga program studi ilmu.
2.    Proposal (Instansi Pemerintahan dan Swasta)
3.    Sumber dana lain yang halal dan tidak mengikat.
(Rincian dana kegiatan ini terlampir)


IX.    PENUTUP
    Dengan lampiran proposal yang kami tuliskan di atas, harapan kami agar terciptanya suatu kerjasama bersimbiosis mutualisme. Demikianlah proposal ini kami buat, untuk memberikan gambaran real dari Kami selaku “ Mahasiswa Program Profes Ners” mengucapkan terimakasih atas terjalinnya kerjasama ini. Dan mohon maaf apabila ada salah kata dalam pembuatan proposal ini.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di internet , Sampai saya juga sudah di tipu di salah satu KSP on'line, tapi saya tidak pernah putus asa saya terus buka info di gogle dan saya melihat posting Bapak Suryanto tentang kisah cerita beliau dapat pinjaman di bank BI pusat jakarta tanpa di persulit beliau hanya melampirkan KK,KTP,AKTE lahir dan Jaminan Sertifikat RUMAH,dan saya
    Juga pun memberanikan diri menghubungi nomor WA yang diterapkan dalam postingan bapak suryanto yaitu nomor WA bpk arif kepala bagian transfer Bank Indonesia pusat WA beliau di 085321740123

    Dan beliau menjelaskan tabel pinjaman 25 juta sampai 500 juta dan waktu pinjaman hanya sampai 2 tahun itupun tidak di bayar perbulan penyampainan beliau , dana itu harus langsung di kembalikan pokok dan bunga uang'nya selama 2 tahun jadi kalau 200 juta nanti 2 tahun kemudian baru di kembalikan pokok dan bunga total 204.000.0000

    Penyampaian beliau ini program dana pinjaman covid 19 dari seluruh dunia

    Alhamdulillah setelah saya laporan semua berkas yang di butuhkan oleh bapak hj arif kurniawan, 5 jam kemudian saya dapat pesang singkat/sms bengking saldo saya bertambah 200 juta dari Bank indonesia alhamdulillah saya sangat bersyukur telah mendapat'kan bantuan pinjaman dana dari Bank Indonesia pusat sekali lagi terima kasih kepada bapak hj arif kurniawan yang telah membantu saya semoga bapak arif di beri umur panjang dan sukses selalu.amin


    > pinjaman 25 juta sampai 100 juta
    Bunga 1 juta pertahun

    Pinjaman 100 sampai 200 juta
    Bunga 2 juta pertahun

    Pinjaman 200 sampai 300 juta
    Bunga 3 juta pertahun

    Pinjaman 300 sampai 400 juta
    Bunga 4 juta pertahun

    Pinjaman 400 juta sampai 500 juta
    Bunga 5 juta pertahun

    BalasHapus